Minggu, 03 April 2016

Cara Memulai Bisnis Retail Dengan Mudah

Memulai bisnis adalah satu keputusan yang berat untuk  diakukan, namun aapabila telah dilakukan maka bisnis itu terasa sangat mudah dirasakan, jadi Ketika seseorang memutuskan untuk memulai bisnis, maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan oleh para pelaku bisnisnya. Memiliki rencana bisnis serta menetapkan tujuan dari bisnis tersebut adalah hal terpenting untuk meraih kesuksesan.


Selain itu, adanya perencanaan dan penelitian yang matang serta pengalaman dan keterampilan bisnis yang memadai, didukung dengan lokasi usaha yang strategis dan desain toko yang menarik mampu memberikan nilai lebih pada bisnis retail.
Bisnis retail dapat dimulai dari bisnis kecil ataupun bisnis besar. Jenis produk yang dijual juga tidak terbatas bagi pelaku bisnis yang baru belajar memulai bisnis, karena model bisnis retail sangat sederhana dan pelaku bisnis tidak perlu memproduksi barang itu sendiri. Pelaku bisnis retail tinggal membeli produk ke supplier kemudian menjualnya kembali.
Lalu, agar bisnis retail dapat meraih kesuksesan kira-kira tips bisnis apa saja yang perlu diperhatikan?

Mendapat barang berkualitas dengan harga murah

Sebelum memulai bisnis retail, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan survey dengan sangat serius untuk menentukan calon supplier Anda. Selain itu, Anda juga harus memata-matai calon pesaing bisnis retail Anda dimana mereka mengambil barang dan berapa harga yang didapatkannya.
Selain mencari harga yang murah, Anda juga bisa mencari supplier yang bisa memberikan kreditan. Hal itu akan sangat membantu jika Anda tidak bisa mendapatkan supplier yang mempunyai kualitas produk bagus dan harga yang murah dibandingkan dengan pesaing bisnis Anda. Meskipun Anda telah mendapatkan satu supplier, usahakan untuk tetap mencari supplier lainnya lagi karena semakin banyak Anda memiliki supplier, bisnis Anda akan semakin aman.

Mendapat tempat usaha yang potensial

Tempat berjualan untuk bisnis retail sebenarnya tidak hanya berbentuk toko, akan tetapi bisa juga berjualan melalui internet bahkan bisa sekaligus berjualan melalui toko dan internet. Jika Anda telah mendapatkan lokasi yang strategis untuk berjualan, janganlah pasif menunggu pembeli. Promosikan bisnis retail Anda secara besr-besaran mulai dari saat Anda memulai bisnis. Usahakan Anda lebih agresif dalam berpromosi dibandingkan dengan pesaing bisnis Anda yang lain.

Hindari perang harga dengan pesaing

Persaingan dalam bisnis tidak hanya berhubungan dengan harga yang diperoleh dari supplier. Persaingan bisnis juga bisa dengan cara bagaimana pelaku bisnis bisa memuaskan konsumennya, bagaimana Anda mengemas produk dengan bagus dan juga unik serta tempelkan merek di produk yang Anda jual jika hal itu memungkinkan. Untuk menghindari perang harga, minimal Anda harus mempunyai merek di bungkus produk Anda.

Melakukan silaturahmi dua arah

Silaturahmi dua arah adalah silaturahmi ke supplier dan juga ke konsumen. Jadi, bagi Anda para pelaku bisnis yang hanya memiliki modal kecil, tidak perlu ragu dan juga takut memulai bisnis retail karena bisnis retail dapat dijalankan secara online melalui internet. Cara inilah yang menarik bagi Anda para pelaku bisnis retail yang hanya memiliki modal kecil. Biasanya margin yang Anda peroleh sebagai retailer akan lebih besar dibandingkan dari produsen.
Nah, tunggu apalagi. Silahkan mencoba untuk memulai bisnis retail. Semoga informasi mengenai tips sukses memulai bisnis retail tersebut bisa membantu. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

0 komentar:

Posting Komentar