Senin, 12 Februari 2018

5 Kesalahan saat Interview Pekerjaan



Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan kemudian memasuki dunia kerja momen yang paling mendebarkan ketika kita diundang pertama kali interview kerja sesuai pilihan bidang pekerjaan dan perusahaan terbaik yang kita lamar. Semua harapan lamaran akan sia-sia bila kita tidak menyesiati strategi terbaik untuk menghadapi interview oleh perusahan yang akan menerima kita  bekerja.  Interview adalah tahapan krusial yang harus kita hadapi dengan cara terbaik agar kita dapat diterima bekerja diperusahaan yang kita lamar, oleh karena itu kesempatan interview adalah kesempatan langka yang tidak boleh disia-siakan, karena dari ratusan bahkan ribuan pelamar yang perusahaan terima, maka kita salah satunya diberi kesempatan interview, ini bearti kita telah mengalahkan ratusan atau ribuan yang melamar ke perusahaan tersebut, maka jangan karena kurang persiapan bahkan tidak hadir akan memberikan nilai negatif terhadap performance pelamar sendiri.

Bagi yangyang akan menghadiri interview pertama kali, simak 5 Kesalahan saat Interview Pekerjaan sebagai berikut :

#1. Bersikap Tidak Profesional

Datang terlambat bahkan tidak hadir interview dan tidak memberi kabar ke perusahaan adalah salah satu sikap profesionalisme, jangan  sampai memberikan kesan awal yang negatif pada manajemen perusahaan. Tujukan keseriusan dengan datang ke lokasi interview lebih awal, berpakaian rapi dan sopan, dan meng-off-kan smartphone, Kesempatan bekerjaan jauh lebih penting dari sekedar bunyi notifikasi dari smartphone.

#2. Tidak ada Persiapan

Menunjukan tingkat keseriusan  yang tinggi terhadap pekerjaan dan perusahaan yang dilamar meskipun melakukan hal kecil seperti telah menyiapkan semua dokumen lengkap seperti CV, Ijazah, portofolio dan dokumen lainnya jika dibutuhkan atau diminta perusahaan. Selain itu yang penting dipersiapkan adalah mempelajari job description pekerjaan yang dilamar, apa yang diharapkan perusahaan untuk posisi tersebut, apa kelebihan dan kekurangan diri. Kemudian perlu juga dipelajari tentang perusahaan, bagaimana mereka menjalankan bisnisnya, produknya, para stakeholder dan hal lainyang dapat memberikan pemahaman tentang perusahaan tersebut.

#3. Bersikap Negatif

Hindari menceritakan hal buruk tentang perusahaan lama ketika ditanya alasan kenapa resign dari pekerjaan lama dan tertarik bekerja di perusahaan baru, termasuk mengeluh tentang kemacetan, keluarga bahkan curhat yang mengarah ke masalah pribadi. Seringlah tersenyum, jawaba pertanyaan dengan tepat dan profesional, tidak perlu jauh melenceng dari pertanyaan.

#4. Bahasa tubuh yang Negatif

Keadaan gugup saat menghadapi wawancara kerja itu bisa saja terjadi namun jagalah bahasa tubuhmu termasuk ekspresi muka, jangan sampai raut wajah kelihatan menggerutu dan terlalu tegang. Senyumlah, lakukan kontak mata, jabat tangan dengan percaya diri dan tunjukan bahwa anda senang ketemu dengan pewawancara. Jaga postur tubuh tetap tegap dan percaya diri. Terlalu sering bungkuk mengesankan kurang semangan an kurang percaya diri

#5. Tidak bertanya atau menanyakan hal yang salah.

Berusaha membuat pewawancara mendapat kesan bahwa anda tertarik?salah satunya adalah dengan mengajukan pertanyaan, namun jangan sampai pertanyaan anda blunder sehingga akan mengesankan diri anda hanya tertarik dengan hal-hal profir anda seperti pertanyaan kenaikan gaji, promosi, cuti dan fasilitas kantor. Bertanyalah tentang sesuatu hal yang menyangkut keberlangsungan pekerjaan dan tanggungjawab. Ingat interview ini adalah kesempatan dan langkadan audisi memperebutkan pekerjaan yang kita inginkan. Hadiri interview berikutnya dengan lebih baik, percaya diri, dan hindari 5 hal diatas ya.

Ide : jobstreet.com 

0 komentar:

Posting Komentar